PontiMarket Expro 2021, Mengadakan Pameran UMKM Lokal Berjaya

Image: Dok. Pontimarket.id 


PontiMarket Expro 2021, Mengadakan Pameran UMKM Lokal Berjaya – Dalam mempertingkatkan nilai jual produk UMKM, para Komunitas PontiMarket mengadakan beberapa kegiatan untuk memperlancarkan nilai jual produk UMKM lokal agar lebih berjaya lagi. Puluhan pelaku UMKM mengikuti kegiatan PontiMarket Expro 2021. Adapun beberapa kegiatan yang diselenggarakan dari Komunitas Pontimarket.id yaitu sebagai berikut:

  1. Pameran & Bazar UMKM
  2. Talkshow
  3. Lomba Pentas Seni dan Pengembangan Bakat Dari Siswa SD Negeri 06 Sungai Raya
  4. Doorprize (Pembagian Hadiah)
Dengan adanya kegiatan tersebut, PontiMarket berharap agar para pelaku UMKM yang baru bisa berkembang dan maju dalam mempromosikan produk jual belinya. Selain itu Pontimarket juga menaungi UMKM untuk selalu belajar, berinovasi dan berkreasi supaya bisa bersaing dari berbagai aspek, sehingga menciptakan pelaku UMKM yang mandiri dan sejahtera.

Nah, jadi disini Penulis akan menganalisis dari beberapa kegiatan tersebut. Agar tidak penasaran langsung saja Penulis akan mulai.

Puluhan Pelaku UMKM Ikut Pameran PontiMarket EXPRO 2021

PontiMarket.ID gelar pameran bertajuk Pontimarket EXPO 2021 di Kubu Raya Gaia Mall, pada tanggal 6 Desember 2021 s/d 6 Januari 2022. Pameran tersebut bertujuan untuk mengangkat potensi dari para pelaku UMKM di sekitar Kubu Raya dan kota Pontianak, agar dapat memiliki daya saing global.

Ada sekitar 32 brand yang terlibat di pameran tersebut. Dan 50 persen diantarannya adalah pelaku UKM yang baru berdiri dan ingin berkembang, ” kata Ketua panitia pameran, Yunus perwakilan dari Pontimarket, Senin (6/12/2021).

Pameran kali ini dilaksanakan oleh Pontimarket merupakan salah satu cara ditempuh agar usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) untuk bisa tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Setelah mulai adanya pelonggaran, para UMKM mulai tancap menggeliatkan transaksi salah satunya adalah dengan mengikuti pameran expo tersebut.

“Tujuan awal adanya expo ini adalah ajang silaturahmi dan bentuk pemecahan masalah UMKM setelah lama vakum karena PPKM. Upaya ini dikerjakan sebagai cara untuk menggerakan bisnis UMKM yang sebagian besar mandek karena adanya pandemi Covid-19,” ujar Tommy Sunjoto, M.H selaku Presiden Direktur dari Pontimarket. Menurutnya pembeli dalam pameran kali ini walau baru terlaksana selama 2 hari cukup ramai dan mampu membuat peserta bersemangat. Pembeli kebanyakan adalah individu-individu yang datang ke Mall Gaial dan ikut masuk ke area pameran. “Pedagang yang memasang harga ‘wajar’ membuat pengunjung mal tertarik dan memutuskan untuk membeli.”

Pameran PontiMarket Expo 2021 ini di support juga oleh pihak GAIA Maal Bumi Raya City sebagai pemilik tempat, JNE Express sebagai jasa pengiriman yang sangat mendukung UMKM, BFI Finance dan Pontianak Post sebgai media partner.


Talk Show Penerapan Merdeka Komunitas Guru Penggerak

Image: Dok. Pontimarket.id 

PontiMarket.ID dalam kegiatan Expo di Mall GAIA berkolaborasi dengan komunitas Guru Penggerak Angkatan I Kabupaten Kubu Raya mengadakan kegiatan pada hari jum’at, tanggal 10 Desember 2021 pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB bertempat di Mall GAIA, Kabupaten Kubu Raya, menyelenggarakan kegiatan Talk Show Kepong Bakol dengan tema “Peneratapan Merdeka Belajar di  Sekolah.”

Kegiatan tersebut memberikan wawasan kepada guru-guru di semua jenjang di kabupaten Kubu Raya tentang pelaksanaan merdeka belajar di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang telah dirancang oleh kominitas guru penggerak agar bisa menggerakan semua elemen di dunia pendidikan untuk bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar.

Program Pendidikan Guru Penggerak sendiri adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Pada dasarnya Guru Penggerak dibentuk untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar. Guru Penggerak juga berperan dalam menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.

Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Kubu Raya yaitu Ayup, S.Pd, Kasi Diklat Indah Yuliastini, Mpd. Dan Presiden Direktur PontiMarket Tommy Sunjoto, M.Hum. Kegiatan diikuti kurang lebih delapan puluh peserta dari berbagai jenjang pendidikan yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan Talk Show Kepong Bakol dimulai dengan Doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Guru Pengerak. Setelah itu disampaikan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Eka Purnawanti, S.Pd. Dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa menghadapi era Revolusi Industri 4.0 di bidang pendidikan, motivasi saja tidak cukup dalam mewujudkan cita cita Making Indonesia 4.0, melainkan harus ada wujud konkret dan usaha yang keras dari pemerintah dan kita semua dalam menyongsong era digitalisasi.

Tantangan pasti akan dihadapi dalam setiap transisi inovasi dan teknologi. Kita harus berani dan siap, jika tidak maka akan tenggelam oleh era distrupsi ini. Intinya pada era revolusi 4.0 kita sebagai pendidik harus mampu mengembangkan life skills peserta didik kita secara maksimal. Harapannya melalui kegiatan ini guru dapat menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Nurhasanah, S.P (Guru SMAN 2 Sungai Kakap) dan Sosialisman, S.Pd. (Guru SMP Negeri 10 Sungai Kakap) dengan moderator Tantri Mira Sandra, M.Pd. dan Suryani Muhaya, S.Pd. Dalam pemaparan materi kedua narasumber membahas tentang Guru Penggerak dan Penerapan Merdeka Belajar di Sekolah. Peserta yang hadir sangat antusias hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya. Akhirnya, kegitan ditutup dengan pembagian door price serta mengajak peserta untuk bergerak serempak wujudkan merdeka belajar di sekolah.

Harapan kedepannya komunitas guru penggerak angkatan I Kabupaten Kubu Raya bisa secara rutin setiap bulannya mengadakan kegiatan untuk berbagi prkatik baik dan informasi didalam perubahan yang terjadi di dunia pendidikan maupun kelak adanya perubahan kurikulum baru yang digaungkan akan dimulai pada tahun 2022.

Lomba Pentas Seni dan Pengembangan Bakat Dari Siswa/i SD Negeri 06 Sungai Raya

Dalam agenda Pontimarket Expro 2021, diadakan beberapa rangkaian acara lomba dari siswa siswi SD Negeri 06 Sungai Raya. Dengan bekerja sama antara Pontimarket dan Komunitas Guru Penggerak, maka rangkaian acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 Desember 2021 di GAIA Bumi Raya City. Adapun acara lomba dari siswa siswi SD Negeri 06 Sungai Raya yaitu sebagai berikut :

  • Lomba Pentas Seni
  • Lomba Mewarnai
  • Lomba Baca Puisi

Dalam acara tersebut bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan dari para siswa dan siswi SD Negeri 06 Sungai Raya. Selain itu juga bertujuan untuk menambah rasa semangat belajar bagi para peserta siswa dan siswi tersebut.

Image: Dok. Pontimarket.id 


Acara lomba tersebut berjalan dengan lancar selama tiga hari yaitu pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Pada hari pertama yakni hari Selasa, 14 Desember 2021 diadakannya acara lomba pentas seni dari setiap kelompok siswa perkelasnya.

Di lajutkan ke hari dua yaitu, pada hari Rabu, 15 Desember 2021 dengan dilaksanakan lomba mewarnai yang diikuti oleh 30 peserta dari kelas 1, 2 dan kelas 3.

Untuk lomba yang ke tiga yaitu yang terakhir dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Desember 2021 yakni dengan lomba membaca puisi yang berujul “Wahai Pahlawan Sejati, Pahlawan Yang Hilang dan Pengorbanan”.


Doorprize (Pembagian Hadiah)

Setelah selesai menggelar ketiga acara lomba tersebut, di hari yang sama juga yaitu pada hari Kamis, 16 Desember 2021 diumumkan kepada para peserta lomba, bagi siapa yang pemenang mendapatkan juara 1, 2 dan 3 dari setiap perlombaan.

Image: Dok. Pontimarket.id

Setelah selesai mengumumkan pemenangnya, para juri pun membagikan piala penghargaan serta hadia untuk para pemenang. Dengan berakhirnya pembagian piala disertai dengan foto bersama, maka berakhir pula lah rangkaian acara Lomba Pentas Seni dan Pengembangan Bakat dari Siswa/i SD Negeri 06 Sungai Raya.

Akan tetapi agenda kegiatan PontiMarket Expo 2021, dalam Pameran UMKM Lokal Berjaya ini belum berakhir. Karena agenda kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 06 Desember 2021 – 06 Januari 2022.

Maka dari itu Penulis mengingatkan bagi kalian yang kebetulan pergi ke GAIA Bumi Raya City, untuk tidak lupa belanja dan mampir sebentar di stand jualan pameran pontimarket.id.

Cukup sekian dan terimakasih, akhir kata Wabillahitaufik walhidaya wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sumber: https://pontimarket.id
                https://muhaya.id
                https://inforgun.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Las Rasau Jaya Slogan Mandiri

Komunitas Guru Penggerak Mengadakan Acara Talk Show Kepung Bakul, Mengenal Paradigma Kurikulum Prototype

Teknologi Android